Monday 17 October 2016

Penilaian Tengah Semester

Hola! Hari ini saya akan bercerita tentang penilaian tengah semester di SMP Labschool Jakarta. Penilaian Tengah Semester (PTS) berlangsung dari Senin, 3 Oktober-7 Oktober 2016. Penilaian Tengah Semester merupakan ujian tertulis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa Inggris, Pendidikan Agama (Islam, Kristen, Hindu), Prakarya, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani (PJOK), Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) yang berjumlah 10 pelajaran. Dalam sehari berlangsung 2 mata pelajaran. Saya melaksanakan PTS di ruang 13 yaitu di kelas 8E bersama dengan adik-adik dari kelas 7D. Sebelum melaksanakan PTS, diwajibkan kepada seluruh peserta didik untuk melunasi SPP bulanan, ekstrakurikuler, dan Native Speaker. Bila sudah melunasi hal-hal tersebut para siswa akan diberikan kartu legitimasi, namun jika sudah berada di dalam ruangan ujian peserta tidak membawa kartu legitimasi, maka diharuskan untuk meminta surat izin di Lab Biologi kepada panitia PTS.

Senin, 3 Oktober 2016
Pagi ini, hari Senin tanggal 3 Oktober saya bersiap pergi kesekolah untuk melaksanakan PTS mata pelajaran Pendidikan Agama dan Bahasa Indonesia. Tidak lupa membawa papan jalan, alat tulis yakni pensil 2B dan penghapus karet, serta kartu legitimasi. Semalam saya sudah cukup mengulang pelajaran yang sekiranya akan masuk ke dalam materi ujian. Saya berangkat ke sekolah pukul 5.45 WIB, dan sampai di sekolah kira-kira pukul 6.10 WIB. Sembari menunggu bel tanda masuk, saya dan teman-teman membaca-baca ulang buku pelajaran. Tidak lama kami dibariskan untuk melakukan doa bersama setelah itu kami memasuk ruangan ujian dan mengerjakan ujian. Pada jam pertama berlangsung pelajaran Bahasa Indonesia dilanjutkan dengan Pendidikan Agama pada jam kedua. Soal-soal pada pelajaran tersebut lumayan sulit bagi saya, namun tidak sesulit yang awalnya saya bayangkan.

Selasa, 4 Oktober 2016
Hari ini sudah hari kedua berlangsungnya PTS. Mata pelajaran hari ini adalah Matematika dan Prakarya. Seperti hari kemarin, saya dan teman-teman mengulang pelajaran yang sekiranya akan keluar di soal nanti. Kami melakuka Tanya jawab, membahas soal, juga menghafal rumus. Setelah bel berbunyi kami segera mengerjakan soal-soal ujian. Jam pertama dimulai dengan Matematika dan jam kedua adalah Prakarya. Soal Matematika menurut saya dapat terbilang cukup mudah dibandingkan soal ulangan harian. Sedangkan soal Prakarya menurut saya dapat terbilang cukup sulit karena beberapa soal tidak terdapat di rangkuman dan soal latihan kami.



Rabu, 5 Oktober 2016
Hari Rabu merupakan hari ketiga berlangsungnya PTS. Hari ini berlangsung ujian dangan mata pelajaran pendidikan Kewarganegaraan (PKN) dan Bahasa Inggris. Dalam materi PKN terdapat banyak terdapat soal-soal yang berisi tanggal-tanggal dan sebagainya yang harus dihafal. Sebenarnya saya tidak terlalu suka hafalan, saya lebih suka soal yang dapat dipikirkan menggunakan logika. PKN berlangsung pada jam pertama dan dilanjutkan dengan Bahasa Inggris pada jam kedua. Soal-soal Bahasa Inggris yang terdapat pada PTS kemarin cukup sulit dibandingkan biasanya.

Kamis, 6 Oktober 2016
Tinggal sisa dua hari sampai PTS selesai, dan hari ini sudah hari keempat. Hari ini berlangsung ujian dengan mata pelajaran tersulit yaitu Ilmu pengetahuan Alam (IPA) yang terbagi menjadi dua yaitu fisika dan biologi. Jujur saya sangat takut menghadapi PTS mata pelajaran IPA dikarenakan materinya yang banyak dan sulit. Di mata pelajaran IPA terdapat soal hafalan, soal logika, maupun soal yang berkaitan dengan matematika yang harus penuh perhitungan (fisika).  IPA berlangsung di jam pertama dilanjutkan dengan Seni Budaya di jam kedua. Seni budaya menurut saya tidak terlalu sulit.

Jumat, 7 Oktober 2016
Hari ini adalah hari terakhir PTS yaitu pelajaran IPS dan PJOK. Pada jam pertama berlangsung mata pelajaran IPS. Soal IPS bisa dibilang lumayan sulit. Dilanjutkan pada jam kedua yaitupelajaran PJOK. Mata pelajaran PJOK menurut saya tidak terlalu sulit dan banyak soal yang dapat dijawab menggunakan logika.

Setelah bel tanda selesai PTS berbunyi saya sangat senang. Saya merasa lega telah menyelesaikan PTS 1 tahun ini. Saya harap hasil dari PTS 1 tahun ini dapat bagus.

9 comments:

author
Jake Simms
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt utlaoreet dolore.